Sunday, 21 April 2013

RPP dan Silabus PKN SMP 9 berkarakter

Terimakasih atas kunjungan anda


 klik disini untuk download RPP PKN SMP IX -1 berkarakter. Klik disini untuk Silabus dan Pemetaan
Download RPP PKN SMP IX - 2
Download Silabus dan Pemetaan - 2

Contoh RPP PKN SMP IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                             :     ......................................     
Mata Pelajaran                          :       Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                           :       IX/I
Standar Kompetensi                  :       1.     Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
Kompetensi Dasar                     :       1.1  Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara.
Alokasi Waktu                            :       6 x 40 menit (3 x pertemuan)


A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.       menjelaskan pengertian negara;
2.       menyebutkan unsur-unsur berdirinya negara;
3.       membedakan warga negara dan bukan warga negara;
4.       menjelaskan pengetian pemerintah dalam arti sempit menurut UUD 1945;
5.       menyebutkan tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945;
6.       menyebutkan fungsi negara;
7.       menjelaskan fungsi negara dalam menegakan keadilan;
8.       menunjukan peraturan tentang bela negara;
9.       menjelaskan pentingnya bela negara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Ketulusan ( Honesty )
Integritas ( integrity )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.      Materi Pembelajaran

1.       Pengertian negara.
2.       Unsur-unsur negara.
3.       Tujuan dan fungsi negara negara.
4.       Peraturan perundang-undangan bela negara.

C.      Metode Pembelajaran

1.       Ceramah
2.       Diskusi
3.       Tanya jawab

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I
Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F   Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
F   Menjelaskan penjelasan konsep secara umum tentang  negara dan tujuan negara

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F   Guru memfasilitasi masing-masing kelompok untuk berdiskusi tentang tujuan dan fungsi negara Indonesia

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II
Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F   Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
F   Menjelaskan konsep pembelaan negara secara umum.
F   Melakukan kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30, UU No. 80 Tahun 1982, UU No. 3 Tahun 2002

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F   Siswa menyimak penjelasan dan klasifikasi guru mnegenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan pembelaan negara

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan III
Pendahuluan
a.     Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.     Memotivasi
·         Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F   menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F   Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar.
F   menjelaskan fungsi negara dalam menegakan keadilan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F   membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F   memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F   memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F   memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F   memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F   Siswa menyimak penjelasan dan klasifikasi guru mnegenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan pembelaan negara

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.      Sumber Pembelajaran

1.       Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, 
2.       UUD 1945 setelah amandemen
3.       UU No. 20 tahun 1982
4.       UU No. 3 tahun 2002

F.    Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·  Menjelaskan pengertian negara
·  Menjelaskan
   unsur-unsur negara
·  Menentukan tujuan negara
·  Menjelaskan fungsi negara
·  Menjeskan hakikat
  Pembelaan negara
·  Menjelaskan alasan pentingnya  bela  negara
  bagi warga    negara

Tes Tertulis
Tes tertulis

Tes lisan
Tes Tertulis

Tes Tertulis
Tes Tertulis
Uraian

Uraian

Daftar pertanyaan
Uraian

 Uraian

Uraian

Jelaskan pengertian negara !

Sebutkan 3 unsur-konstitutif
berdirinya sebuah negara !
Sebutkan tujuan negara Indonesia

Jelaskan 4  fungsi  negara !

Jelaskan hakikat pembelaan negara !

Mengapa warganegara wajib membela negaranya ?
  1.  

  1. Diskusi (buku teks kelas IX  , hlm. 3)
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama













    Keterangan: nilai maksimal 20


Mengetahui,                                                     Bandung,  Juli 2012
 Kepala SMP                                                    Guru Mata Pelajaran



                              
                                              

No comments:

Post a Comment